Cara Mengatasi Layar Gelap Di Android Saat Melakukan Panggilan

Cara mengatasi Android ketika sedang melakukan Panggilan layar menjadi gelap / hitam, layar gelap ini terjadi saat Android melakukan panggilan keluar atau panggilan masuk telepon, layar gelap pada android ini bisa menyebabkan tidak dapatnya mematikan panggilan, layar gelap pada android saat melakukan panggilan masuk atau panggilan keluar ini sering kami jumpai di Android Samsung, Advan, Sony Xperia.

Cara Mengatasi Layar Gelap Di Android Saat Melakukan Panggilan
Ketiga merek Android yang saya sebutkan diatas memiliki permasalahan yang sama yaitu layar gelap saat melakukan panggilan telepon, permasalahan ini disebabkan oleh sensor proximity yang sedang mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan layar menjadi gelap, sensor ini adalah sensor jarak yang berada pada semua tipe smartphone android, sensor jarak ini akan berfungsi ketika sadang melakukan panggilan.

Ketika saat anda melakukan pangilan pastinya anda akan mendekatkan smartphone android ke telinga dan jika anda mendekatkan android ke telinga secara otomatis sensor proximity akan meneteksi bahwa ada objek yang mendekat, lalu android akan mematikan layar dengan sendirinya karena fungsi dari sensor proximity itu, ini bertujuan supaya tidak ada kesalahan input di layar sentuh android tersebut, apabila anda telah selesai melakukan panggilan, pastinya smartphone android akan anda jauhkan dari telinga karena untuk mengakhiri panggilan telepon, ketika anda menjauhkan dari telinga secara otomatis android akan dinyalakan kembali.

Nah disinilah letak permasalahan yang terjadi, sensor proximity tidak bisa mendeteksi bahwa ada objek yang telah menjauh dari smartphone android dan walaupun android telah di jauhkan dari telinga, tetapi layar tetap gelap atau tidak mau menyala.

Bagi anda yang memiliki permasalahan yang sama pada android, saat melakukan panggilan layar menjadi gelap, pada artikel kali ini kami memberikan sebuah contoh untuk Samsung Galaxy Young, layarnya langsung menjadi gelap / blank disaat melakukan panggilan, akan tetapi panggilan ke no yang dituju masih tetap masuk.

Sebelumnya kami telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi permasalahan ini di Samsung Galaxy Young seperti Flash atau instal ulang, Factory reset, Hard reset Samsung Galaxy Young ke pengaturan pabrik / awal, tetapi permasahan ini tetap tidak dapat teratasi, karena permasalahan ini bukan dari software melainkan disebabkan oleh sensor proximity yang mengalami kerusakan atau gangguan, untuk mengatasinya hanya ada satu cara yaitu menonaktifkan sensor proximity.

Cara nonaktifkan sensor proximity di Android (Samsung Galaxy young)

  1. Pertama silakan anda masuk ke pengaturan atau setelan di Android.
  2. Lalu silakan anda cari dan pilih Pengaturan Panggilan.
  3. Setelah itu silakan anda masuk ke "Pengaturan Tambahan".
  4. Di Pengaturan tambahan akan ada "Sensor proximity", silakan anda hilangkan tanda Centang atau Ceklist untuk Non Aktifkan Sensor proximity.
  5. Selesai
Kami juga perna mengalami permasalahan yang sama Untuk Advan Vandroid dan Sony Xperia yaitu ketika melakukan panggilan layar android menjadi gelap, akan tetapi setelah kami cek dari menu pengaturan atau setelan teryata tidak ada menu untuk menonaktifkan sensor proximity, jadi kami mengatasinya dengan cara melepaskan sensor proximity dari PCB Advan dan Sony Xperia.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantu mengatasi permasalah layar gelap saat melakukan panggilan, semoga saja dengan artikel ini android yang anda gunakan bisa kembali normal lagi serta bisa digunakan...Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Layar Gelap Di Android Saat Melakukan Panggilan"