Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tutorial cara flash Oppo Smartphone dilengkapi dengan gambar, tutorial kali ini pastinya akan memudahkan anda untuk melakukan flashing atau Upgrade OS Oppo Smartphone menggunakan firmware terbaru dari Oppo, Cara flash Oppo Smartphone ini bisa anda pergunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami oleh Ponsel Oppo serta kerusakan yang disebabkan oleh Software Oppo Smartphone.


Inilah beberapa permasalahan yang sering terjadi di Ponsel Oppo Smartphone yang bisa diatasi dengan cara melakukan flashing diantarnya adalah mengatasi Bootloop yang dialami Oppo Smartphone ( Bootloop adalah ketika anda menyalakan Ponsel hanya tampil di Logo Oppo saja), mengatasi aplikasi atau game Oppo Smartphone yang Error (seringnya tampil Notifikasi aplikasi terhenti, game lag, tidak dapat menjalankan game, tidak bisa menghapus game/aplikasi, dll), loading Oppo Smartphone sangat lama / berat, tidak bisanya mengakses Internet pada Oppo Smartphone, mengembalikan aplikasi atau game Oppo Smartphone seperti pertama kali membeli dari sebuah toko handphone, dll.

Untuk lebih jelasnya cara melakukan flash atau upgrade Oppo Smartphone bisa anda lihat caranya dibawah ini.

Persiapan Upgrade Oppo Smartphone

  1. Pertama silakan anda Download terlebih dahulu ColorOs / Firmware Oppo Smartphone, untuk mendownloadnya anda bisa langsung ke situs resmi Opponya pada link www.oppo.com/id/downloads, silakan anda download firmware dan carilah sesuai Smartphone  OPPO yang Anda gunakan.
  2. Kemudian silakan anda copy atau pindahkan hasil download firmware Oppo tadi ke Sd Card (Kartu Memory), sebaiknya anda pindahkan firmware Oppo di luar folder jangan di dalam folder, ini berguna untuk memudahkan disaat melakukan upgrade OS Oppo.
  3. Apabila firmware Oppo tadi telah anda pindahkan Ke SD Card (Kartu Memory), langkah selanjutnya silakan anda masukkan SD Card yang sudah ada file firmware tersebut ke dalam Ponsel Oppo yang mau upgrade.
  4. Ingat sebelum anda melakukan upgrade, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu bahwa baterai teleh mencukupi (Minimal daya baterai harus tersedia setidaknya 40%).
  5. Selanjutnya silakan anda matikan terlebih dahulu Ponsel Oppo lalu lepaskan baterai dan pasang kembali.

Tutorial Upgrade Manual OS Oppo Smartphone

  • Langkah pertama silakan anda masuk ke menu recovery Oppo Smartphone dengan cara tekan dan tahan secara bersamaan Tombol Volume Down + Power, tunggulah sampai ada tulisan RECOVERY MODE di pojok kiri bawah layar Oppo Smartphone, jika telah keluar tulisan tersebut silakan anda lepaskan  tombol Volume Up + Power, tunggulah sampai Oppo Smartphone masuk ke menu OPPO RECOVERY dengan sendirinya. (jika anda mengalami kesulita saat masuk ke menu recovery Oppo Smartphone, maka silakan anda cari caranya di Google ataupun di Youtube).
  • Untuk menavigasi menu yang berada pada menu recovery silakan anda pergunakan layar sentuh atau bisa juga anda menggunakan Tombol Volume untuk navigasi dan untuk pilihan OK silakan anda tekan Tombol Power.
  • Pada menu Select Langguage silakan anda pilih bahasa English, pilihan bahasa ini digunakan untuk bahasa saat penginstalan.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Nah, apbila anda sudah berada pada OPPO RECOVERY, langkah selanjutnya silakan anda pilih Instal from SD.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Kemudian pilihlah From SD.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Selanjutnya silakan anda pilih Firmware yang berada pada SD Card yang telah anda copy tadi, kami disini menggunakan SD Card yang kosong, jadi disaat memilih from SD hanya muncul firmware Oppo Smartphone.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Pililah Yes, jika seandainya yang tampil seperti gambar dibawah ini Installation package, this operation can not be restored.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Sampai disini Proses upgrade atau Instal OS Oppo Smartphone sedang berlangsung, silakan anda tunggu sampai proses tersebut selesai.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Apabila proses Instal OS Oppo Smartphone telah selesai, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, lalu silakan anda klik Reboot.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
  • Setelah anda mengklik Reboot, maka secara otomatis ponsel Oppo Smartphone akan melakukan restart, proses restart ini mungkin akan memakan sedikit lama, jadi silakan anda tunggu sampai proses restart selesai.
  • Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini, itu menandakan bahwa proses restart teleh selesai.
    Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone
Disaat Ponsel Oppo Smartphone anda telah menyala, maka anda akan diminta untuk melakukan Pengaturan awal sebelum anda bisa menggunakan Oppo Smartphone, Untuk melakukan setelan awal tidaklah terlalu sulit, karena anda hanya ditugakan untuk memilih bahasa yang digunakan Oppo Smartphone itu, mengatur tanggal dan waktu, menyetujui persyaratan penggunaan Oppo Smartphone, dll. Silakan anda melakukan pengaturan awal Oppo Smartphone sampai selesai.

Perlu Diketahui ➤ Untuk beberapa kasus yang sering kami temukan didalam permasalahan Oppo Smartphone yang mengalami Bootloop, Oppo Smartphone hanya tampil Logo Oppo saja saat dinyalakan, setelah dilakukan Flash,  Instal OS atau Upgrade OS ponsel tersebut masih belum juga hilang Bootloop nya, ini disebabkan oleh kerusakan IC EMMC, jadi jika seandainya flash berhasil, maka ponsel anda tidak akan berjalan dengan normal pastinya anda harus melakukan pergantian IC EMMC nya, jika ponsel itu ingin kembali normal lagi.

Demikianlah artikel mengenai Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone, semoga artikel ini dapat membatu anda untuk melakukan Upgrade firmware ke versi terbaru secara manual, Terima kasih telah berkunjung di blog ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Post a Comment for "Upgrade Manual ColorOS Oppo Smartphone"