Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool

Kali ini kami akan membahas cara melakukan Flash Android yang memiliki chipset CPU MTK (Mediatek) Via SP Flash Tool, jika anda melakukan flash atau instal ulang firmware Android pastinya sangat berguna untuk Ponsel yang mau di flash tersebut, karena dengan melakukan flash semua permasalahan yang disebabkan oleh software pada Ponsel Android akan dapat teratasi, permasalahan software yang sering terjadi oleh pengguna Android antaranya Android mengalami permasalahan bootloop (disaat dinyalakan ponsel android hanya muncul logo produsen dari Android tersebut dan tidak akan bisa memasuki menu Home), aplikasi error, Android lemot / berat, lelet, tidak bisa mengakses internet, Tidak adanya pilihan bahasa yang di mengerti, dll.

Sebelum anda melakukan proses Flash di Ponsel Android menggunakan SP Flash Tool silakan anda Download terlebih dahulu beberapa bahan yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:
  1. SP Flash Tool
  2. USB Driver USB MTK (Mediatek)
  3. Firmware, untuk firmware atau file stock Rom silakan anda cari dan download sesuai dengan Ponsel Android anda di blog ini, jika tidak menemukan firmware yang sesuai dengan ponsel anda, silakan anda cari dari Google.

Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool

  • Setelah anda download semua bahan yang dibutuhkan, selanjutnya silakan anda lakukan Ekstrak jika file tersebut dalam Format rar, zip, dll.
  • Selanjutnya silakan anda lakukan penginstalan USB Driver MTK (Mediatek) di komputer atau laptop yang sedang anda gunakan saat ini (USB Driver MTK ini di instal supaya Ponsel Android anda dapat terdeteksi oleh SP Flash Tool di komputer).
  • Kemudian silakan anda buka Folder SP Flash Tool lalu Jalankan file SP Flash Tool.exe yang berada pada Folder tersebut.
    Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool
  • Jika aplikasi SP Flash Tool.exe telah terbuka, langkah selanjutnya silakan anda klik "Scatter-Loading" yang berada pada menu SP Flash Tool.
  • lalu carilah file MTXXX_Android_scatter, file ini berada pada Folder firmware atau os yang telah anda download dan ekstrak tadi seperti gambar dibawah ini.
    Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool
  • Setelah itu silakan anda mengklik tombol "Download" (fungsi tombol ini untuk memulai proses flashing Android Via SP Flash Tool).
    Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool
  • Sampai disini silakan anda beralih ke Ponsel Android yang mau di Flash, lalu matikanlah Ponsel Android Tersebut.
  • Selanjutnya silakan anda menghubungkan Android ke Komputer atau laptop menggunakan Kabel Usb / Kabel Data.
  • Apabila Driver telah terinstall dengan benar, maka secara otomatis SP Flash Tool akan mendeteksi Ponsel Android yang telah anda hubungkan ke komputer dan melakukan Proses flashing dengan sendirinya (Tapi ada beberapa Ponsel android yang mengharuskan menekan tombol boot disaat menghubungkan ke komputer supaya SP Flash Tool dapat mendeteksinya).
  • Jika Proses flashing via SP Flash Tool telah selesai dan berhasil, maka akan tampil kotak dialog notifikasi Download OK.
    Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool
  • Prose Flashing Android Via SP Flash Tool telah selesai dan sukses. selanjutnya silakan anda lakukan Restart pada Android Tersebut.
  • Apabila Ponsel Android telah menyala dan hanya menampilkan logo produsen, maka silakan anda lakukan Hard reset Android dengan cara memasuki menu recovery mode.
Lihat Dibawah Ini Cara Flash Android Via SP Flash Tool
  1. Cara Flash Lenovo A808T 100% Berhasil Via Sp Flashtool
  2. Cara Flash Advan S5E New Via SP Flashtool 100% Berhasil
  3. Tutorial Cara Flashing Oppo Joy (R1001) Via Sp Flash Tool
Demikianlah artikel yang membahan tentang Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool yang pastinya sangat berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami oleh Android seperti Bootloop, untuk mengatasi seringnya tampil notifikasi sayangnya aplikasi terhenti, aplikasi error, Aplikasi tidak berjalan, dll.

Post a Comment for "Tutorial Cara Flash Android Via SP Flash Tool"